Rabu, 11 Maret 2015

manfaat dibalik masamnya buah sirsak


buah sirsak

Buah Sirsak (bahasa latinnya Graviola) merupakan salah satu buah kesukaan admin, mungkin sebagian dari kita juga pecinta buah yang satu ini. Namun disisi lain dari rasanya yang sedikit asam . tetapi rasa masam dari sirsak ini ternyata  mengandung banyak manfaat yang luar biasa.

Di kalangan masyarakat perdesaan yang dimana masih banyak tumbuh pohon sirsak ini.  Buah sirsak ini dipercaya dapat digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit, bahkan ada sebagian golongan yang mempercayai kalau buah sirsak merupakan salah satu makanan kesukaan dewa, sehingga dalam memetiknyapun tidak boleh sembarangan.

selain digunakan sebagai obat untuk berbagai jenis parasit atau cacing, sirsak juga digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi, sebagai anti bakteri, anti jamur dan juga dapat menormalkan sistem syaraf yang berfungsi kurang baik. Ternyata buah sirsak ini juga berkhasiat untuk membunuh tumor/kanker.
Sirsak mempunyai berbagai macam sebutan,, diantaranya disebut juga  sebagai nangka sabrang, , Nangka buris, nangka londo  ,srikaya Jawa, dan di Sunda dikenal dengan nama buah Manalika.

berikut beberapa manfaat buah sirsak beserta bahan campuran lainnya untuk ramuan:

# mengobati Sakit Pinggang : 20 helai daun sirsak, direbus dalam 5 gelas air sampai air mendidih hingga tinggal kurang lebih 3 gelas, diminum 1 kali sehari 3/4 gelas.
# mengobati Ambeien : Buah sirsak yang sudah matang. Peras dan diambil airnya sebanyak 1 gelas, kemudian airnya diminum sebanyak dua kali sehari, pagi dan sore.
* Mengobati Sakit Kandung Air Seni :, gula dan garam secukupnya. Buah sirsak setengah masak, Semua bahan diatas dimasak dibuat sebagai  kolak. Dimakan  seperti biasa, dan dilakukan dengan rutin setiap hari selama 1 minggu berturut-turut.
* Mengobati Bayi yang Diare. Guanakanlah Buah sirsak yang sudah matang. Buah sirsak diperas dan kemudian disaring untuk diambil airnya, kemudian diminumkan pada bayi yang terkena diare  sebanyak dua sampai tiga sendok makan.
* Mengobati Anyang-anyangan (sering kencing) : Sirsak setengah masak dan juga gula pasir seperlunya. Sirsak dikupas dan direbus dengan gula bersama-sama dengan air sebanyak dua gelas, air disaring dan kemudian diminum

Jika alam saja menyediakan obat-obatan yang aman bagi kita , kenapa kita harus susah-susah mencari obat yang mahal? Demikianlah postingan kali ini ,, semoga bermanfaat,, thanks

5 komentar: